Kamis, 31 Januari 2008

harga anthurium di Indonesia, tertinggi di dunia



Melambuang menyunduL langit harga anthurium di aindonesia, sempat membuat geleng-geleng anthuriummania di mana pun. Termasuk di Amerika LATIN yang merupakan produsen utama anthurium foliage (anthurium daun).

Mereka begitu haran mendengar ada satu pot seharga US$ 110 ribu (hamper 1 milyar). Bahkan biji (oce) jenis-jenis favorit yang dihargai sampai US$ 100 (Rp 900 ribuan) membuat mereka tak ahbis pikir. Karena di sana, oce itu rata-rata berpasaran tak sampai Rp 2000 per butir jenis apapun. Bahkan nursery-nursery kakap baru menjual anthurium saat sudah berukuran 10 inch atau sekitar 25 cm. itupun mereka masih menyebut bibitan dan membanderolnya rata-rata di bawah US$ 30-40 per pot kecuali jenis-jenis tertentu yang memang sangat langka dan dicari seperti reflexinervium atau superbum.

Yang juga bingung, ternyata juga para tetangga sebelah kita. Anthuriumania di FILIPINA dan Thailand, juga geleng-geleng mendengar harga di Indonesia. Padahal, di kedua Negara tersebut juga didagangkan wajar-wajar saja. Setara dengan value for money-nya sebagai benda seni atau obyek hobi.

Tidak ada komentar: